tas pelatihan diklat

Pemberian tas pelatihan diklat juga merupakan tanda terima kasih dari suatu lembaga kepada peserta yang mengikuti diklat. Peserta akan mendapatkan souvenir menarik serta berguna untuk sehari-hari. Desain yang paling sering digunakan untuk diklat adalah tas ransel dan tas laptop yang kuat dan besar.

Membuat Tas Diklat yang Cocok

Pembuatan souvenir tas seminar maupun diklat adalah tugas dari penyelenggara acara tersebut. Untuk mendapatkan tas yang sesuai bisa dengan mempertimbangkan tips berikut ini.

  1. Menentukan ukuran tas

Ukuran tas diklat akan mempengaruhi harga pembuatan pada pihak produsen. Namun harus mempertimbangkan hal lain juga seperti berapa lama pelatihan akan berlangsung.

Jika pelatihan memiliki durasi yang lama maka peserta juga akan membutuhkan barang yang lebih banyak untuk dibawa. Misalkan saja membawa alat pengisi daya untuk gadgetnya. Namun tentu setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda

  • Menentukan model tas

Tas model ransel dan laptop merupakan yang paling cocok untuk pelatihan. Hal ini karena ukurannya yang cenderung besar. Selain itu bisa dilengkapi dengan kantong-kantong lain agar peserta mampu membawa barang yang dibutuhkan dengan tertata rapi.

  • Menentukan bahan tas

Untuk bahan tas pelatihan diklatsebaiknya memilih kain yang tebal. Karena akan kuat untuk membawa banyak barang. Penting juga untuk menanyakan kepada produsen bahan apa saja yang ada agar lebih leluasa dalam memilih.

  • Membuat rancangan tas

Tas diklat hendaknya disesuaikan dengan tema pelatihan. Mulai dari bentuk tas, warna, serta pencantuman logo. Yang paling penting adalah logo dari pihak yang terlibat harus tercantum dan jelas.

Perawatan Tas Diklat

Tas diklat akan menjadi kenangan tersendiri bagi pemiliknya. Namun terkadang tas mudah pudar warnanya hingga rusak padahal hanya dipakai sebentar. Selain karena bahannya mungkin perawatan tas tersebut tidak tepat.

Meski tas pelatihan diklat terbuat dari berbagai bahan namun bisa dilakukan perawatan yang sama untuk menjaga tas tetap awet.

  1. Penyimpanan yang tepat

Tas sebaiknya disimpan ke dalam dustbag agar tidak mudah terkena debu. Namun jika tidak ada bisa menyimpannya di tempat yang tidak mudah terkena debu. Namun tas sebaiknya tidak disimpan secara terus-menerus.

Pakailah atau keluarkan tas sesekali dari tempat penyimpanan. Hal ini untuk mencegah tas terlalu lembab. Karena tas bisa apek dan berjamur. 

  • Membersihkan tas 

Apabila terdapat noda pada tas sebaiknya segera dibersihkan. Karena jika noda terlalu lama menempel pada tas maka akan semakin sulit dihilangkan. Bersihkan noda dengan bantuan alat yang lembut seperti kapas untuk menghindari goresan berlebih.

  • Mencuci tas

Untuk mencuci tas sebaiknya dilakukan tanpa merendam karena tidak baik terutama untuk tas polyester. Gunakan air bersih dan sedikit saja deterjen untuk membersihkan tas dari noda. Usahakan untuk tidak menjemur di bawah sinar matahari secara langsung untuk mempertahankan warnanya.