Tas diklat juga banyak dipesan di pabrik tas diklat. Bahannya juga bisa bervariasi dengan harga yang beragam juga.

pabrik tas diklat

Apa itu Tas Diklat

Tas diklat adalah tas yang biasa dibagikan pada saat pelaksanaan suatu acara pendidikan atau pelatihan, dengan maksud guna memudahkan para peserta pendidikan dan pelatihan dalam membawa berbagai barang-barang yang diperlukan selama menjalani pendidikan dan pelatihan tersebut. Di dalamnya biasanya juga terdapat berbagai copy material bahan materi pendidikan dan pelatihannya, beserta dengan beberapa alat tulis. Bentuknya biasanya berupa segi empat seukuran kertas folio, dan terdapat jinjingan sebanyak dua buah di bagian tengah tasnya. Warnanya biasanya adalah hitam, ada yang total hitam seluruhnya dengan adanya tulisan nama acara pelatihan dan pendidikannya, juga nama dan logo perusahaan, atau bisa juga dalam warna kombinasi hitam dengan warna yang lainnya, atau dalam pilihan warna lain seperti coklat atau putih atau abu-abu atau biru dongker atau hijau tua dan lain sebagainya. Meski demikian ada juga tas diklat dalam bentuk tas laptop ataupun tas ransel, atau tas selempang atau bahkan dalam bentuk tas tote dan lain sebagainya.

Aneka Bahan Tas Diklat

Pilihan bahan tas bisa bermacam-macam dan berupa kombinasi lebih dari satu bahan, tergantung juga dengan model tas diklatnya. Berikut beberapa diantaranya.

Bahan Cordura

Kain cordura adalah sejenis kain premium yang mempunyai daya tahan tinggi terhadap abrasi, dan tidak akan mudah terkelupas, serta tahan air sehingga sangat cocok dan sesuai jika dipakai sebagai bahan tas.

Kain Dinir

Bahan ini terdiri dari beberapa jenis juga, yakni sesuai dengan spesifikasi bahan yang terkandung di dalamnya. Sehingga kain dinir ini kemudian bisa dibedakan menjadi kain dinir D 300, kain dinir D 420, kain dinir D 600, kain dinir D 1680 serta kain dinir D 1682. Teksturnya cukup lembut dan juga fleksibel, tapi kuat, serta sudah dilengkapi juga dengan lapisan anti air yang mampu untuk mencegah masuknya air ke dalam bagian tas, dengan demikian maka benda-benda yang ada di dalamnya yang tersimpan pada tas yang terbuat dari bahan Dinir ini bisa tetap terjaga agar tetap kering, tidak mudah menjadi basah. Jenis kain dinir yang sering digunakan untuk bahan tas diklat adalah bahan kain dinir D 1680 yang serat bahannya cukup rapat dan tahan air serta tebal. Nama perusahaan dan logonya bisa dibordir pada kain ini. Selain itu juga kain Soft Denier D 300 yang meski serat kainnya tidak terlalu rapat namun cukup kuat dan tahan air dengan tekstur yang halus, bahan ini terbuat dari nylon dan polyester.

Spons

Dengan lapisan yang tebal, dan tahan air, serta mengkilap, juga permukaan yang halus, maka bahan ini juga cocok untuk bahan tas diklat. Mudah juga untuk dicetak printing atau sablon untuk menuliskan nama dan logo perusahaan.

Kulit Sintetis atau Imitasi

Tas diklat juga bisa dibuat dari bahan kulit sintetis atau imitasi yang harganya tentu saja lebih murah daripada harga bahan kulit asli. Tas diklat yang terbuat dari bahan kulit imitasi atau kulit sintetis ini memiliki lapisan luar yang cukup licin jadi dapat dengan mudah juga untuk dibersihkan. Wujudnya juga terkesan kuat dan kokoh. Harganya cukup bervariasi, tergantung pada kualitas bahannya, ada yang bisa lebih murah dari harga tas yang terbuat dari bahan polyester namun ada juga tas diklat yang terbuat dari bahan kulit imitasi atau kulit sintetis ini yang harganya bisa lebih mahal dari harga tas yang terbuat dari bahan kain blacu atau kain kanvas atau denim. Hal tersebut bisa terjadi karena kualitas bahan kulit imitasi yang juga sangat bervariasi, yakni mulai dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu juga ada.

Ada juga bahan Spun bond Non Woven yang bisa digunakan untuk bahan tas diklat. Cukup banyak variasinya. Pilih saja yang sesuai kebutuhan dan besaran anggarannya.