Tas adalah salah satu aksesoris pelengkap busana yang paling sering dibuat. Warna dan bentuk, serta ukuran dan juga bahannya bisa bermacam-macam. Tas juga sangat luas dan fleksibel pemakaiannya. Tas dapat digunakan juga sebagai suvenir atau hadiah, guna keperluan promosi perusahaan atau promosi merk suatu produk. Berikut ini pertimbangan pada saat mau memesan tas custom di pabrik tas custom.

pabrik tas custom

Penggunaan Tas

Pertama tentu pertimbangannya adalah tujuan pembuatan tas-nya adalah untuk apa, karena hal tersebut akan berpengaruh pada ukuran, fleksibilitas pilihan bentuk, juga bahannya. Akan berbeda tentunya tas yang akan digunakan untuk membawa barang berukuran besar dengan barang-barang dengan ukuran yang kecil-kecil, juga tas yang akan lebih sering dipergunakan di luar ruangan. Tas yang lebih sering dipergunakan di luar ruangan sebaiknya dibuat dari bahan yang lebih tahan air sehingga bisa lebih awet dan bertahan lama dan tidak mudah rusak.

Bentuk , Warna dan Ukuran Tas

Pertimbangan selanjutnya adalah bentuk, warna dan ukuran tas custom yang hendak dipesan. Bentuk tas Custom untuk anak-anak sebaiknya yang berbentuk hewan atau tokoh kartun yang lucu-lucu dengan warna-warna yang ceria sehingga lebih menarik bagi mereka. Ukurannya juga sebaiknya tidak terlalu besar sehingga tidak akan menyulitkan bagi anak-anak pada saat hendak dibawa. Sedangkan jika tas tersebut ditujukan bagi para remaja wanita, maka bisa dipesan tas custom dengan gambar atau hiasan atau motif bunga-bunga dan dalam warna-warna pastel. Kemudian jika tas tersebut ditujukan bagi para pekerja kantoran misalnya maka bisa dipilih dalam warna-warna netral yang klasik seperti warna hitam atau coklat atau abu-abu atau biru dongker dan lain sebagainya, sehingga akan bisa lebih sesuai. Ukuran tasnya juga sebaiknya yang bisa masuk kertas ukuran folio. Bentuknya juga sebaiknya yang simple dan klasik yakni bentuk empat persegi, bisa berupa tas jinjing atau tas tenteng, ataupun tas selempang yang tali tasnya lebih panjang. Sedangkan jika ditujukan bagi para pelajar maka tasnya bisa berupa tas ransel, yang dalam ukuran sedang, yang bisa muat minimal dua atau tiga buah buku tulis. Pilihan warnanya bisa fleksibel namun bahan tasnya sebaiknya menggunakan bahan yang tahan air seperti dari bahan parasut dan semacamnya.

Bahan Tas

Bahan tas bisa bermacam-macam, berikut diantaranya.

Kain Dinir

Jenis kain ini yang paling banyak digunakan sebagai bahan tas. Pada awalnya bahan ini sering dipakai untuk tas bagi anak-anak namun kini pemakaiannya sudah makin meluas hingga ke tas bagi orang dewasa juga. Bahan tas ini cukup kuat dan ringan.

Kain Parasut

Jenis bahan ini tahan air dan juga awet serta cukup bertahan lama. Bahan parasut ini termasuk salah satu jenis bahan tas yang tersedia dalam warna serta tekstur yang cukup banyak ragamnya. Pada tahap awal bahan parasut ini terbuat dari sutra, tapi dalam perkembangannya di saat sekarang ini maka bahan parasut banyak yang terbuat dibuat dari material polyester serta nilon. Bahan parasut ini tipis dan ringan juga wulet selain waterproof. Keunggulan lainnya adalah pada perawatannya yang cukup mudah. Tahan debu dan tahan kotor dan jika terkena noda maka bisa dicuci dengan air maka noda tersebut sudah bisa hilang.

Kain Blacu

Kain blacu ini sering dikira sama dengan kain kanvas, padahal berbeda. Bahan tas yang satu ini terbuat dari kapas pemakaiannya bisa digunakan untuk membuat tas santai hingga tas untuk kuliah atau sekolah. Modelnya bisa dalam bentuk tote bag atau bentuk yang lainnya. Warnanya alami namun bisa juga diberi warna lain. Bahan tas berupa blacu ini lebih tipis dan sedikit lebih kasar jika dibandingkan bahan dari kanvas.

Masih banyak pilihan bahan tas yang lainnya. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan, selera dan besaran anggarannya dalam membuat tas custom.